RSS


1. Register
Sebuah unit simpanan dengan kapasitas kecil namun kecepatannya di atas main memory  yang bertugas maenampung data/ instruksi yang sedanng di proses. Register ini berada di dalam prosesor dengan jumlah yang sangat terbatas karena fungsinya sebagai tempat perhitungan/komputasi data.
Tujuan Umum register dapat menyimpan baik data dan alamat, yaitu, mereka adalah gabungan data / register alamat.
Tujuan Khusus register menyimpan data register CPU internal, seperti program counter (alias instruksi pointer), stack pointer , dan status register (alias pengolah kata status).
Klasifikasi Register, antara lain :
a.    Berdasarkan instruksi yang sedang di proses :
v  Instruction Register ( IR ): di gunakan untuk menampung instruksi yang sedang di proses.
v  Program Counter ( PC ): di gunakan untuk menampung alamat main-memory  yang berisi dat/ instruksi yang sedang di proses.
b.    Berdasarkan data yang sedang di proses:
v  Operand Register: di gunakan untuk menampung data yang sedang di proses.
v  Accumulator: register yang di gunakan untuk menampung hasil pengolahan proses operasi aritmatika dan proses operasi logika yang di lakukan oleh ALU.

2.   Memori
Memori adalah media penyimpan data pada komputer. Memori terbagi atas dua macam, yaitu ;
  • Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. Tapi pada saat sekarang ini ROM telah mengalami perkembangan dan banyak macamnya, diantaranya :
o    PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang bisa kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi diprogram. Tidak bisa d rubah.
o    EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yang dapat kita hapus dan program kembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.
o    EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita dapat mengubah dan menghapus program ROM dengan menggunakan teknik elektrik. EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan saat ini.
o    Flash Memory, salah saru jenis dari EPROM. Pengolahan data di program sama tetapi lebih cepat dari EEPROM.
 
1. Sejarah Perkembangan RAM
Random Access Memori (RAM), dari namanya kita dapat artikan bahwa RAM adalah memori yang dapat diakses secara random. RAM atau Random Access Memory digunakan sebagai media penyimpanan sementara atau dikatakan RAM menyimpan data tidak permanen. Artinya, ia hanya mengingat informasi pada saat power komputer sedang on. Jika power komputer dimatikan, informasi yang ada pada RAM akan hilang. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan dari RAM ini adalah mempercepat pemroses data pada komputer. Agar data yang kita buat tidak dapat hilang pada saat komputer dimatikan, maka diperlukan media penyimpanan eksternal, seperti Disket, Harddisk, flash disk, PCMCIA card dan lain-lain. RAM digunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari software yang sedang dioperasikan oleh komputer.
Jenis RAM terdiri dari:
·         SRAM (Statis RAM), otomatis mempertahankan isinya selama masih ada listriknya. Kelebihan SRAM adalah akses data lebih cepat dari DRAM dan lebih stabil menyimpan data.
  • DRAM (Dinamic RAM ) menyimpan data dalam waktu yang singkat, daya listrik lebih besar. Kelebihan DRAM adalah lebih murah dan lebih mudah rangkaiannya sehingga satu chip DRAM dapat memuat sel bit data jauh lebih besar dari SRAM.
    Jenis-Jenis RAM dari segi Evolusi Modul, ialah :
    Ø  Dari segi pengolahannya, akan mempercepat kinerjanya.
    Ø  Teknologi Modul :
    ·         SIMM ( Single Inline Memory Modul ), dimana tempat penyimapanan SIMnya dalam 1 memory atau 1 sisi RAM.
    ·         DIMM ( Dual Inline Memory Modul ), dimana tempat penyimpanan chipnya ada 2 sisi RAM ( depan belakang ada chipnya )
    ·         SODIMM ( Small Outline Dual Inline Memory Modul ), tempat penyimpanan memory di 2 sisi tapi bentuknya lebih kecil.
    ·         RIMM ( Rambus Inline Memory Modul ), buatannya rambus ( pembuatnya ) cepat panas. 
    Teknologi Memori Metode Akses, ialah :
    §  Jenis-jenis memori yang mengunakan metode Asynchronous:
    Extended Data Out (EDO) DRAM
    Burst Extended Data Out (BEDO) DRAM
    §   Jenis-jenis memori yang mengunakan metode Synchronous:
    Single Data-Rate Memory (SD-RAM)
    Double Data-Rate Memory (DDR-SDRAM)



0 komentar:

Posting Komentar