RSS

File Sharing

Kemampuan suatu jaringan untuk mengijinkan pemakaian file oleh beberapa pengguna pada saat yang bersamaan.

Bagaimana mengkonfigurasi file sharing pada komputer windows xp.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana membangun file sharing pada komputer windows xp.
Ini adalah apa yang Anda butuhkan:
Sebuah komputer dengan sistem operasi windows xp.
1. Apa Yang Dapat Anda Lakukan Dengan Berbagi File?

    File sharing memungkinkan Anda untuk membuat sebuah lokasi sentral di mana file dapat dengan mudah diakses antara berbagai komputer pada jaringan rumah. Apakah komputer Anda dikonfigurasi untuk jaringan kabel atau jaringan nirkabel, mereka semua bisa setup untuk file sharing. Hal ini sebenarnya sangat efisien dan mudah untuk mendirikan pada sistem operasi windows.

2. Mengakses opsi file sharing!

    Pada komputer dengan windows xp sharing file dapat diakses melalui komputer teman Anda. Anda ingin dua kali klik di komputer teman Anda. Setelah Anda membuka komputer, teman Anda ingin Anda mengklik kanan pada disk atau folder yang Anda inginkan untuk berbagi dan memilih berbagi dan keamanan.

3. Catatan!

     Disk dan folder Anda berbagi bersama dengan semua sub folder akan dapat diakses oleh pengguna jaringan lainnya. Windows XP menyarankan agar Anda hanya berbagi folder tertentu dan meninggalkan sisa disk tidak dapat diakses. Jika Anda berbagi seluruh disk dan seluruh isi berisi windows xp akan memberikan peringatan keamanan.

4.  Windows XP Network Setup Wizard (Recommended)!

     Dengan memilih Network Setup Anda akan dapat secara otomatis men-setup koneksi internet firewall. Internet Connection Firewall adalah fitur yang mengamankan folder Anda dan disk untuk mencegah pengguna internet lain dari mengakses konten Anda bersama.


5. Menampilkan XP Peringatan lain!

    Berikutnya peringatan akan muncul dan menanyakan apakah Anda ingin menggunakan wizard setup jaringan atau hanya mengaktifkan file sharing. Jika Anda ingin koneksi internet firewall memilih wizard setup jaringan, jika Anda hanya bisa memilih opsi mengaktifkan file sharing.

6. Membangun Sebuah Nama File Sharing!

    Setelah menjalankan wizard setup jaringan dan berhasil menyelesaikan proses Anda dapat memberikan nama folder. Catat bahwa nama folder bersama atau adalah salah satu yang akan muncul untuk pengguna lain pada jaringan komputer lain yang ingin mengaksesnya.


7. Catatan lain!
    Pengguna lain memiliki kemampuan untuk membaca, menulis, dan menghapus shared folder / isi disk. Untuk menonaktifkan fungsi ini, un-cek mengizinkan pengguna lain untuk mengubah file saya.

Petunjuk:

Gunakan jaringan wizard setup untuk melindungi file Anda dari sedang diakses oleh pengguna internet lain!
Jika file dihapus yang dibagikan itu pergi untuk selamanya.



sumber :
http://www.searchgrid.org/index.php
Jaringan Ad-Hoc untuk File Sharing    
     Jaringan ad-hoc merupakan bentuk komunikasi jaringan wireless yang paling sederhana. Disini akan saya jelaskan terlebih dahulu mengenai konsep jaringan infrastruktur dimana untuk membangun jaringan ini diperlukan wireless lan sebagai pusat.
Jaringan Infrastruktur   
    Wireless lan memiliki SSID sebagai nama jaringan wireless tersebut, dengan adanya SSID maka wireless lan itu dapat dikenali. Pada saat beberapa komputer terhubung dengan SSID yang sama, maka terbentuklah sebuah jaringan infrastruktur.  
 
Jaringan Ad-hoc                  Dengan menggunakan jaringan ad-hoc kita dapat melakukan kegiatan seperti File Sharing dan Internet Conection Sharing Disini akan saya tunjukan bagaimana cara untuk melakukan kedua hal tersebut dengan menggunakan Microsoft Windows 7. Membangun jaringan ad-hoc melalui Microsoft Windows 7 lebih mudah dibandingkan meenggunakan Microsoft Windows XP., khususnya dalam melakukan Internet Connection Sharing. Berbeda dengan jaringan infrastruktur, jaringan ad-hoc tidak membutuhkan sebuah wireless lan untuk menghubungkan masing-masing komputer dan topologi jaringan yang terbentuk adalah jaringan mesh.  
Berikut ini adalah tahapan-tahapan dalam konfigurasi jaringan ad-hoc :
1. Buka Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center   
2. Pilih Set up a new connection or network 
3. Setelah itu pilih set up a wireless ad hoc (computer-to-computer) network 
4. Akan muncul permintaan memasukkan Network name (SSID), Security type, dan Security Key.
5. Dengan ini maka telah dibuat sebuah network baru dengan network name yang telah ditentukan. Untuk dapat melakukan Internet Connection Sharing maka cukup memilih option “Turn on Intenet Connection Sharing” dengan syarat telah memeliki koneksi internet sebelumnya dengan menggunakan kabel Lan, dial up atau modem 3G, dsb.  
6. Secara default jika langkah 5 telah dilakukan maka Internet Connection Sharing telah dapat dilakukan, akan tetapi untuk pengaturan yang lebih spesifik pada masing-masing koneksi internet yang kita pakai yaitu dengan konfigurasi pada : Control Panel > Network and Intenet > Network and Sharing Center kemudian pilih jenis koneksi yang ingin kira share, masuk ke properties, pilih tab sharing, setelah itu beri tanda centang pada “Allow other network users to connect through this computer’s Intenet Connection”.
7. Saat ini komputer telah menjadi seolah-olah sebuah access point yang menunggu client-client. Akan tetapi wireless adapter masih belum mempunyai IP Address, IP address akan muncul apabila ada client yang sudah secara automatis maka komputer kita akan menjadi gateway untuk client-clientnya.
8. Untuk melalukan file sharing, klik kanan pada folder yang akan kita share selanjutnya pilih properties, pilih option sharing > advanced sharing > check box “share this folder“. Secara default permissions yang diset adalah allow read for everyone, akan tetapi kita dapat mengkonfigurasikan sendiri permission share tersebut.
9. Dengan demikian proses pertukaran file melalui jaringan wireless dapat dilakukan.
Ad-Hoc, Internet, Jaringan, Jaringan Ad-Hoc, Komunikasi, Microsoft, Topologi, Windows, 
         

0 komentar:

Posting Komentar